PERJALANAN WISATA di GUNUNG LAWU
Puncak Lawu……
Sebuah mitos alam yang masih dipegang teguh sebagai sebuah cerita atau wejangan yang untuk mencapai satu tujuan dan tantangan alam yang penuh dengan makna kehidupan.
Gunung Lawu terletak di antara perbatasan jawa tengah dan jawa timur dengan ketinggian 3265 MDPL Gunung lawu mempunyai kawasan hutan antara lain dipterokrat atas , hutan montane , hutan Ericaceous yang banyak dengan kekayan flora dan fauna.
Dibandingkan dengan beberapa jenis gunung di Jawa bahkan di Indonesia ekosistem gunung Lawu terbilang unik. Dikawasan ini terdapat status purbakala , situs budaya dan aspek geomorfologi hal ini tidak terlepas dari keberadaan peninggalan- peninggalan sejarah seperti candi cetho , candi sukuh yang merupakan jejak-jejak peninggalan Kerajaan Majapahit. Keberadaan candi dan candi sukuh kerap dianalogkan “ THE LAST TEMPLE “ karena setelah runtuhnya majapahit pada abad XV tidak ditemukan pembangunan candi lagi. Dengan keberadaan situs dan tanda-tanda sejarah itu pula kawasan gunung Lawu kerap menjadi tempat dilaksanakan Upacara Spiritual.
Berikut nama tempat yang sering digunakan sebagai Upacara spiritual dan sedikit sejarah singkatnya :
1. Candi Sukuh
Adalah peninggalan kerajaan Majapahit di bangun pada abad XV arsitekturnya memiliki kesamaan dengan candi-candi suku MAYAN di yucatan dan Guatemala di Amerika Tengah sampai saat ini masih sering digunakan untuk upacara keagamaan hindu dan masyarakat setempat.
2 . Candi Cetho
Dibangun pada abad XV berada di ketinggian 1400 Mdpl,memiliki 14 teras. Teras yang paling tinggi melambangkan tingginya sebuah kasta dalam agama Hindu. Ditemukan pertama kali oleh Van Dherlis dari Belanda pada tahun 1842.
Sampai saat ini masih sering digunakan upacara agama Hindu.
3. Candi Menggung
Menurut cerita rakyat candi Munggung dihuni oleh ki Menggung dan istrinya Nyai Roso Putih beserta kedua anaknya. Raden Baju Lelono & Dewi Mursiyam. Sebutan candi & nama keempat penghuninya, di dalam konteks pendakian spiritual mengandung arti sbb:
1. Menggung adalah melengake marang Gusti Kang Maha Agung (memusatkan segala perhatian kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.
2. Nyai Roso Putih
Nyai artinya mrentah/memerintah. Roso artinya rasa diri sedang putih bermakna bersih. Jadi Nyai Roso Putih artinya adalah = manusia bersih memerintah dirinya untuk memutihkan atau membersihkan rasa dirinya.
3. Raden Baju Lelono
Baju artinya rasukan. Rasukan artinya baju (kata benda) atau ngrasuk (kata kerja). Mengandung arti memakai, melekatkan, atau menempelkan. Lelono dimaknai dengan menjalankan laku spiritual sebagai media agar ilmu yang dipelajarinya dapat merasuk, menempel, atau melekat ke dalam dirinya.
4. Dewi Mursiyam
Dewi artinya linangkung atau linuwih. Linangkung / linuwih artinya lebih. Sedang Mursiyam itu dari kata siyam yang artinya puasa. Maka Dewi Mursiyam adalah dengan menjalankan puasa maka akan mempercepat pembersihan rasa dirinya.
Sampai saat ini masyarakat sekitar / nglurah masih melestarikan tempat tersebut dengan upacara-upacara desa (Dukuhan). Diadakan setiap hari Selasa kliwon dan bertepatan dengan Wuku Dukut.
Pringgondani
Pringgo artinya malu, dedang “ndan” artinya kemudian. Jadi makna Pringgodani adalah “Kemudian rasa malu. Maksudnya setelah manusia mempunyai kecerdasan dunia, kecerdasan social, kemudian meningkat ketataran tentang rasa malu dan tidak berbuat yang memalukan.
Di sekitar area Pringgondaniterdapat tempat-tempat yang dijadikan masyarakat setempat sebagai tempat upacara spiritual di antaranya:
1. Raden Koco Negoro
Koco artinya cermin. Negoro artinya “diri”. Jadi Koco Negoro artinya bercermin terhadap diri sendiri. Manusia harus mawas diri atau menginstrospeksi dirinya sendiri.
2. Dewi Nawang Sari
Dewi artinya linuwih atau lebih. Sedang Nawang artinya memandang. Sedangkan Sari artinya sari artinya int (substansi). Jadi Dewi Nawang Sari mempuunyai arti manusia harus memandang ke arah hal-hal yang substansial atau positif.
3. Begawan Cipto Wening
Cipto artinya pikir, sedang Wening artinya bening atau bersih. Maknanya manusia harus membersihkan pikiran.
4. Pringgo Sepi
Pringgo artinya malu di dalam hati. Sepertinya kosong namun isi / bersih. Jadi Pringgondaniadalah hati yang bersih.
5. Pringgo Sari
Pringgo artinya terjadinya perpaduan sepasang dua insane (pria dan wanita) manusia yang dilandasi dengan rasa cinta & kasih saying sehingga menimbulkan keharmonisan.
6. Batu Semar
Batu aartinya melambangkan manusia yang teap konsisten sengan kenyataan.
7. Batu Seribu
Batu Seribu mengandung makna bahwa manusia dalam mencari kecerdasan dunia, sosial, lahir & batin, rohani & spiritual banyak dipengaruhi oleh berbagai hal layaknya seperti seribu macam batu sandungan.
8. Sumur Jolo Tundo
Jolo artinya jarring, sedang Tundo artinya tingkat-tingkat. Maksudnya manusia harus mampu menyaring dari yang kasar sampai yang halus atau bias membedakan baik &dan buruknya.
9. Kendali Sodo
Kendali Sodo maknanya adalah manusia harus senantiasa berusaha menjaga dan mempertahankan kematangan dirinya atau kecerdasannya agarkharismanya tetap bersinar dan harus berusaha meningkatkan kharismanya secara terus menerus.
10. Lumbung Slayur
Lumbung Slayur berasal dari kata lumbung & slayur. Lumbung merupakan tempat penyimpanan padi, sedang Slayur artinya setangkai. Jadi maksudnya tempat penyimpanan padi yang setangkai. Perlambang ini mempunyai makna kalau manusia hanya mempunyai satu bidang ilmu daja maka tidaklah cukup, mengingat begitu kompleksnya kehidupan ini.
11. Sumur Sat
Sumur Sat artinya sumur yang tidak ada airnya. Maknanya manusia mempunyai ilmu pengetahuan yang banyak tetapi kalau tidak diresapi hingga masuk ke dalam dirinya dan tidak diimplementasikan dalam kehidupan nyatamaka diibaratkan sebagai sumur yang tidak ada airnya, sehingga tidak bermanfaat atau tidak berarti.
12. Guo Segolo Golo
Segolo Golo artinya segala galanya atau semua. Maknanya adalah semua ilmu pengetahuan itu pada hakekatnya sama. Karena itu di dalam menuntut ilmu, manusia bebas memilih & menentukan sendiri.
13. Keputren
Keputren artinya tempat kaum perempuan untuk berdandan, bersolek, atau merias diri. Arti berdandan adalah berubah dari yang tidak baik menjadi baik, dari yang tidak pantas menjadi pantas, dari yang tidak luwes menjadi luwes, sehingga menjadi indah dan serasi.
14. Sendang Drajat
Sendang Drajat maknanya adalah manusia harus mencari derajat yang tinggi jika ingin diakui, dihargai, diyakini dan dipercaya.
15. Kasatiyan
Kasatriyan artinya tempat kaum laki laki / pria untuk berdandan, bersolek, atau merias diri. Artinya merubah dari yang tidak baik menjadi baik, atau dari sisi negative menuju ke dalam sisi positif.
Kasatriyan
Kasatriyan artinya tempat kaum laki laki /pria untuk berdandan ,bersolek,atau merias diri artinya merubahdari yang tak baik menjadi baik atau dari sisi negative menuju ke dalam sisi positif.
SENDANG MACAN
Macan melembangkan sikap ygang keras dan otoriter .maknanya adlah dalam rumah tangga,bermasyarakat berbangsa,dan bernegara hendaknya manusia tidak bersikap kaku tatapi harus mau menerima kritik,saran,serta masukan dan pendapat orang lain.
KAPANDITAN
Kapanditan artinya tempat berdandan para pendeta .Pendeta disini adalah pakar agama ,politik ekonomi,sosial,hokum,lingkungan,t3\eknik dll.artinya semuanya tidak mementngkan dirinya sendiri tapi mementingkan orang banyaktanpa melihat pangkat,jabatan,status sehingga dari segala keputusan yang dibuat terasa adil.
HARGO DALEM
Argo dalem diyakini sebagai tempat moksa (mati tanpa meninggalkan jasadnya). Sang Prabu Brawijaya raja terakhir majapahit.Dengan ketinggian 3170 Mdpl.Banyak para peziarah ? pelaku spiritual berdoa serta memohon kepada Tuhan Yang Maha kuasa.
PASAR DIENG
Pasar artinya bertransaksi atau lokasi jualbeli.diyakini pasar dieng dapat dilihat secara gaib .sebuah cerita bila beradaa ditempat ini kemudian secara tiba2 mendengar suara “mau beli apa”maka segaralah membuang uang terserah dalam jumlah berapapun lalun ambillah batu at5au petiklah daun atau rumput seolah olah kita sedang berbelanja maka sekonynong konyong kita akan memperoleh uang kembalian dalam jumlah yang banyak.
KAHYANGAN
Kahyangan artinya tempat tempat yang lebih tinggi ,maksud tempat yang lebih tinggi adalah akal ,karena akal kedudukannya lebih tinggi daripada Budhi.
ARGO PURUSO
Puruso artinya kuasa,maknanya hendaknya manusia mampu meniadakan kekuaasaanya.
ARGO DUMILING
Dumiling artinya wisik atau dawuh atau petunjuk.maksud dari perlambang ini adalah manusia harus selalu hati hati jika mendapatkan petunjuk atau dawuh atau wisik
Yang diperoleh melalui medsitasi,semedi,kontemplasi karena petunjuk itu datangnya belum tentu datangnya dariTuhan Yang Maha Kuasa.
TELOGO KUNING
Telogo merupakan hilir atau hulu,sedangkan kuning melambangkan kesejahteraan .konon banyak rpara pendaki spiritual atau peziarah yang mandi atau berendam ditempat ini permohonannya dapat terkabul.
ARGO DUMILLAH
Argo dumilah adalah puncak tertinggidari gunung Lawu dengan ketinggian 3265 DPAL. Dumilah berarti maknanya adalah manusia menyempurnakan mata atau pandangan , manusia harus memandang sebagaimana Tuhan Yang Maha Esa memandang ciptaa-NYA.
ARGO TILLING
Tilling artimya telinga , yang maknanya adalah manusia harus menyempurnakan pendengaran nya.
COKRO KEMBANG
Kembang artinya bunga melambangkan keharuman , maknanya adalah manusia yang selalu harum namanya adalah orang-orang yang berkarya dan berprestasi sebagi wujud pertanggung jawabannya terhadap sistem kehidupan ini sesuai dengan kecerdasan ataupun profesi yang dimiliki masin- masing .
SELO PENANGKEP
Penangkep artinya menangkap, maknanya adalah manusia harus mempunyai daya tangkap dan tanggap yang tinggi terhadap situasi dan kondisi yang dihadapi.
COKRO SURYO
Suryo berarti matahari . Matahari yang selalu menjalankan tugas , hak dan kewajibannya dengan konsisten atau menjalankan tugasnya sesuai dengan status dan fungsinya dengan tidak pernah berubah. Makna dari perlambang iniadalah bahwa kita sebagai manusia harus menjalankan tugas, hak, dan kewajibannya di muka bumi ini mestinya seperti matahari yaitu selalu konsisten atau tidak pernah berubah status dan fungsinya sesuai dengan kodrat masing-masing.
SENDANG PANGURIPAN
Sendang artinya sumber, sedang panguripan artinya kehidupan , maknanya adalah manusia harus bertanggung jawab terhadap sumber kehidupan. Sumber kehidupan yang artinya manusia harus bertanggung jawab terhadap Ekosistem dan kehidupan sosial yang dibangun.
JENIS PROGRAM PAKET WISATA RELIGI YANG DITAWARKAN
A. Paket PRINGGODANI
Durasi waktu 2 hari 1 malam
Biaya : Rp. 700.000,-/ orang, minimum 3 orang / maksimal 10 orang
Tempat yang di kunjungi meliputi :
- CANDI SUKUH
- CANDI CETHO
- CANDI MENGGUNG
- PRINGGODANI meliputi :
a. Raden Koco Nagoro
b. Dewi Nawangsari
c. Pringgosepi
d. Pringgosari
e. Sendang Penganten
Dijemput di Solo/ Bandara Adi Sumarmo /Stasiun Balapan solo
Susunan Acara Kunjungan :
1. Hari pertama :
CANDI SUKUH – CANDI CETHO – CANDI MENGGUNG – Bermalam di hotel Tawangmangu
2. Hari ke 2 :
PRINGGODANI – selesai
Diantar kembali ke solo.
Program selesai.
B. PAKET CEMORO KANDANG
Durasi waktu 2 hari 1 malam
Biaya : Rp. 800.000,- / orang minimum 3 orang maximal 10 orang
Tempat yang di kunjungi meliputi :
- CANDI SUKUH
- CANDI CETHO
- CANDI MENGGUNG
- PRINGGODANI
- BANCOLONO
- CEMORO KANDANG ( Pintu masuk Gunung Lawu )
Di jemput di solo/Bandara Adi Sumarmo/Stasiun Balapan solo
Susunan Acara Kunjungan :
1. Hari pertama :
CANDI SUKUH – CANDI CETHO – CANDI MENGGUNG – Bermalam di tawangmangu
2. Hari ke 2 :
PRINGGODANI – CEMORO KANDANG – BANCOLONO – Selesai
Diantar kembali ke solo
Program selesai
C . PAKET TAMANSARI
Durasi waktu 3 hari 2 malam
Biaya Rp. 1.000.000,-/ orang minimum 3 orang maximum 10 orang
Tempat yang di kunjungi meliputi :
- CANDI SUKUH
- CANDI CETHO
- CANDI MENGGUNG
- PRINGGODANI
- BANCOLONO
- CEMORO KANDANG
- KAWAH CONDRODIMUKO
Dijemput di solo / Bandara Adi Sumarmo/Stasiun Balapan solo
Susunan Acara Kunjungan :
1. Hari pertama :
CANDI SUKUH – CANDI CETHO – CANDI MENGGUNG -Bermalam di tawangmangu
2. Hari 2 :
PRINGGODANI – CEMORO KANDANG – BANCOLONO – Bermalam di tawangmangu
3. Hari ke 3 :
KAWAH CONDRODIMUKO – Selesai
Diantar kembali ke solo
Program selesai
C. PAKET HARGO DALEM
Durasi waktu 3 hari 2 malam
Biaya Rp. 1.500.000,-/ minimum 3 orang maximum 10 orang
Tempat yang kunju7ngi meliputi :
- CANDI SUKUH
- CANDI CETHO
- CANDI MENGGUNG
- PRINGGODANI
- BANCOLONO
- CEMORO KANDANG
- TAMAN SARI
- SENDANG PANGURIPAN
- COKRO SURYO
- SELO PENANGKEP
- COKRO KEMBANG
- ARGO DALEM
- ARGO DUMILAH
- SENDANG DRAJAD
- KEPUTREN
- SUMUR JOLOTUNDO
- KASATRIYAN
- CEMORO SEWU
Dijemput di solo / Bandara Adi Sumarmo / Stasiun Balapan solo
Susunan Acara Kunjungan :
1. Hari Pertama :
CANDI SUKUH – CANDI CETHO – CANDI MENGGUNG – PRINGGODANI – Bermalam di tawangmangu
2. Hari 2 :
BANCOLONO – CEMORO KANDANG – TAMAN SARI – SENDANG PANGURIPAN – COKRO SURYO – SELO PENANGKEP – COKRO KEMBANG – ARGO DALEM – Istirahat
3. Hari ke 3 :
ARGO DUMILAH – SENDANG DRAJAD – KEPUTREN – SUMUR JOLOTUNDHO – KASATRIYAN – CEMORO SEWU – selesai
Diantar kembali ke solo
Program selesai
D. PAKET HARGO DUMILAH
Durasi waktu 4 hari 3 malam
Biaya Rp. 2.000.000,-/orang minimum 3 orang maximum 10 orang
Tempat yang dikunjungi meliputi :
- CANDI SUKUH
- CANDI CETHO
- CANDI MENGGUNG
- PRINGGODANI
- BANCOLONO
- CEMORO KANDANG
- TAMAN SARI
- SENDANG PANGURIPAN
- COKRO SURYO
- SELO PENANGKEP
- COKRO KEMBANG
- ARGO DALEM
- KHAYANGAN
- KASEPUHAN
- KAPANDITHAN
- PASAR DIENG
- ARGO PRUSO
- ARGO TILLING
- SELO PUNDHUTAN
- BULAK PEPERANGAN
- SENDANG MACAN
- ARGO DUMILAH
- TLOGO KUNING
- LUMBUNG SLAYUR
- PAWON SEWU
- SENDANG DRAJAD
- KEPUTREN
- SUMUR JOLOTUNDO
- KASATRIYAN
- CEMORO SEWU
Dijemput di solo / Bandara Adi Sumarmo / Stasiun Balapan solo
Susunan Acara Kunjungan :
Hari pertama :
1 Hari pertama :
CANDI SUKUH – CANDI CETHO – CANDI MENGGUNG -PRINGGODANI - Bermalam di tawangmangu
2. Hari 2 :
CEMORO KANDANG – BANCOLONO – TAMANSARI – SENDANG PANGURIPAN – COKRO SURYO – COKRO KEMBANG – ARGO DALEM - Istirahat
3. Hari ke 3 :
KASEPUHAN – KAPANDHITAN – ARGO PRUSO – ARGO TILLING – SELO PUNDHUTAN – BULAK PEPERANGAN – SENDANG MACAN – ARGO DALEM ( Istirahat )
4. Hari ke 4 :
PUNCAK ( HARGO DUMILAH ) – TELOGO KUNING – LUMBUNG SLAYUR – SENDANG DRAJAD – KEPUTREN – SUMUR JOLOTUNDO – CEMORO SEWU - Seesai
Diantar kembali ke solo
Program selesai.
Semua bentuk program paket sudah termasuk fasilitas :
a. TRANSPORTASI
b. ASURANSI
c. PENGINAPAN / HOTEL
d. MAKAN & MINUM
e. GUIDE & PORTER
f. PERLENGKAPAN
Informasi lebih lanjut dapat menghubungi :
BUDI LAWU
PHONE : ( 081 575 899 797 )
E mail : budilawu@yahoo.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar